Komponen Dasar dan Cara Kerja Running Text Display

Running Text atau Moving Sign, Running Text display, ialah salah satu media promosi yang cukup berbeda dibanding billboard dan juga neon box. Banyak kelebihan yang dimiliki Running Text sehingga membuatnya lebih menarik dan juga interaktif dari billboard atau neonbox. Adapun kelebihan Running Text tersebut diantaranya yaitu bisa diprogram sesuai dengan keinginan. Running Text juga bisa dipakai dimana saja serta untuk usaha apa saja. Manfaat Running Text dapat dirasakan oleh banyak orang terutama untuk mereka yang menggunakan alat ini. Untuk harga yang dibanderol memang relatif sangat murah. Harga tersebut disesuaikan dengan ukuran Running Text yang anda pilih.

Moving Sign ini dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang memunculkan pesan, kontent, ataupun tulisan berjalan dan dapat dirubah melalui laptop, PC, maupun remote. Selain itu, Running Text juga dapat digunakan untuk mengatur waktu yang menggunakan Ral Time Clock (RTC). Dengan begitu, Running Text display dapat menampilkan detik, menit, jam, hari, tanggal, dan juga tahun. Running Text juga sering digunakan sebagai media iklan maupun promosi. Mengenai desainnya, ada yang desain available dengan artian telah tersedia dan bisa beli langsung bawa, ada juga yang desain custom dengan artian anda harus memesan terlebih dahulu.

Komponen Dasar Running Text

Berikut beberapa komponen dasar yang ada pada Running Text display.

  • LED Chip

LED (Light Emitting Diode) merupakan dioda pemancar cahaya dengan beragam jenis warna, seperti hijau, biru, merah, putih, dan warna-warna lainnya. Lampu LED ini memiliki rentan waktu kurang lebih sekitar 100.000 jam dengan konsumsi listrik yang kecil.

  • Pixel

Picture Element atau Pixel adalah unit terkecil dari suatu objek gambar yang ada di layar. Pada Running Text, pixelnya ialah unit LED.

  • Pixel Pitch

Pixel Pitch merupakan jarak antara 2 buah Pixel (LED). Semakin rapat Pixel Pitch, maka akan membuat jumlah lampu LED semakin banyak. Dengan begitu, tampilan yang dihasilkan Running Text akan semakin bagus (tajam).

  • LED Modul

Komponen ini adalah rangkaian LED yang telah tersusun menjadi 1 bagian utuh 1 segmen.

  • Warna

Berdasarkan warnanya, ada 3 tipe LED yakni Single Colour, Double Colour dan Full Colour.

  • Power Supply

Mengatur supply daya listrik dari sumber arus listrik ke LED. Power Supply yang bagus akan memberi daya sesuai kapasitas LED tersebut.

  • Controller

Controller berfungsi untuk mengatur kerja serta hubungan dari keseluruhan rangkaian LED dalam 1 Running Text.

Cara Kerja Running Text Display

Running Text merupakan sebuah teknik elektronik yang mampu menampilkan sebuah tulisan bergerak yang terdiri dari susunan lampu LED kemudian terhubung secara matrix dengan perpaduan lampu LED antara baris dan kolomnya. Adapun beberapa contoh aplikasi Running Text LED itu sendiri adalah jam digital, tulisan open/closed, pengumuman pemerintah, update harga barang terbaru, ucapan selamat datang, papan kurs untuk valas, kombinasi gambar sederhana dan tulisan, serta display menu.

Running Text sangat berbeda dengan spanduk ataupun banner. Spanduk dan banner sifatnya non permanen yang berarti tidak mampu bertahan lama atau sangat cepat mengalami kerusakan. Sementara Moving Sign atau Running Text tersebut sifatnya permanen serta isinya dapat diubah sesuai dengan kebutuhan dan selera anda. Untuk warna yang digunakan sangat bervariasi. Adapun warna-warna yang tersedia diantaranya yaitu warna hijau, warna merah, warna kuning, warna biru, dan warna putih khusus untuk LED.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *